Ungkit Kasus RJ Lino, Fahri Hamzah Minta Setya Novanto Dibebaskan


Ungkit Kasus RJ Lino, Fahri Hamzah Minta Setya Novanto Dibebaskan

KOKOPNEWS.ID - Berkaca pada kasus mantan Dirut Pelindo II RJ Lino, Fahri Hamzah meminta KPK membesakan tersangka korupsi E-KTP Setya Novanto.

Wakil ketua DPR RI itu mengatakan, saat menetapkan RJ Lino sebagai tersangka, KPK tidak langsung melakukan penahanan. Bahkan hingga sekarang RJ Lino masih menghirup udara segar.

Dengan demikian, KPK tidak fair dalam memperlakukan orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Oleh karenanya, Fahri mendesak KPK melepaskan Novanto.

"Harusnya diperlakukan sama seperti RJ Lino. Agar citra DPR enggak turun bebaskan kayak RJ Lino," kata Fahri Hamzah, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/11) sebagaiamana dilansir Republika.co.id.

Selain itu, Fahri juga menyoroti masalah status Novanto di DPR. Dia menegaskan, walaupun Setya Novanto menjadi penghuni tahanan KPK, jabatannya masih tetap dan tidak terjadi kekosongan. 

Sedangkan Terkait dengan desakan berbagai pihak agar DPR segara mengganti ketua DPR, Fahri memandang belum perlu menggeser posisi Novanto.

"Dia (Novanto) masih ketua DPR RI, jangan dibilang kosong. Tidak ada yang kosong jabatan ketua," tegas Fahri.

Tidak berhenti disitu, Fahri juga berpendapat bahwa Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tidak bisa menonaktifkan Novanto.Alasannya merujuk pada UU MD3 No 17 tahun 2014 yang menyatakan anggota DPR yang terjerat kasus baru bisa dinonaktifkan jika sudah berstatus terdakwa. [Republika]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: