Awas! Nasib Anies Baswedan Bisa Seperti Anas Urbaningrum, Ini Skenarionya?


Awas! Nasib Anies Baswedan Bisa Seperti Anas Urbaningrum, Ini Skenarionya?

KOKOPNEWS.ID - Gubernur DKI Anies Baswedan akan menghadapi “kekuatan besar” yang bisa saja mendorong mantan rektor Universitas Paramadina ini bernasib seperti Anas Urbaningrum.

Peringatan tersebut disampaikan pengamat politik Ahmad Baidhowi (18/10). "Anies dan Anas sama-sama memiliki karir cepat, menghadapi kekuatan besar. Dan saat ini Anies sudah dilaporkan polisi karena pidato 'pribumi'," ungkap Ahmad Baidhowi.

Menurut Baidhowi, saat ini Anies sedang menghadapi “kekuatan besar” yang berdiri di belakang konglomerat proyek reklamasi Teluk Jakarta. Kekuatan besar ini bisa saja mengendalikan kekuasaan di Indonesia.

"Kalau reklamasi dihentikan, pengembang rugi ratusan miliar, bahkan mungkin mencapai triliun. Untuk menghadapi ini, pengembang akan menggunakan berbagai cara menjatuhkan Anies," papar Baidhowi. 

Baidhowi mengingatkan, Anies bisa jatuh dengan rekayasa adanya korupsi dengan permainan yang sangat halus. "Bisa juga rekayasa skandal moral, sehingga Anies jatuh di tengah jalan. Semua bisa terjadi karena Anies bersikeras menghentikan reklamasi," jelas Baidhowi. 

Setelah Anies jatuh, lanjut Baidhowi, Sandiaga Uno yang akan berkuasa. "Masalahnya Sandiaga itu dikenal lunak. Ada kemungkinan reklamasi akan berlanjut. Apalagi latar belakang Sandiaga yang pengusaha, tentu ada skenario pendekatan ala pengusaha dari pengembang," pungkas Baidhowi. 

Sebelumnya, wartawan senior Hersubeno Arief dalam tulisan bertajuk “Skenario Menjatuhkan Anies-Sandi di Tengah Jalan”, membeberkan sejumlah skenario menjatuhkan Anies-Sandi di tengah masa jabatan.

Menurut Hersubeno, setidaknya ada empat skenario atau cara yang bisa dilakukan. Pertama,  menjegal berbagai program Anies-Sandi  melalui pemerintah pusat. Kedua, melalui internal Pemprov. Ketiga, melalui proses politik di DPRD. Keempat melalui jalur hukum. [itoday]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: