Kok Jokowi Meninggalkan Pertemuan PBB Saat Bahas Rohingya?

Kok Jokowi Meninggalkan Pertemuan PBB Saat Bahas Rohingya?

KOKOPNEWS.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan meninggalkan pertemuan sidang Majelis Umum PBB yang membahas Rohingya.

Ironisnya, tindakan itu dilakukan Jokowi saat forum tersebut tengah membahas masalah tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis muslim Rohingya.

Demikian seperti dilansir The Jakarta Post melalui koresponden Tama Salim dan Fedina F Sundaryani.

Laporan tersebut menuliskan bahwa Jokowi sebagai representasi tertinggi dalam sidang Majelis Umum PBB ini meninggalkan pertemuan yang membahas masalah Rohingya.

Dituliskan dalam harian nasional berbahasa Inggris itu, bahwa sikap Jokowi dinilai sebagai ketidaktertarikannya terhadap isu geopolitik.

Sebaliknya, Jokowi dinilai lebih fokus membangun infrastruktur dalam negeri.

Demikian analisis dari pakar hubungan internasional Dewi Fortuna Anwar yang dilansir The Jakrta Post.

Kecuali jika menyangkut kejadian teror yang menimpa negara barat maka secepat kilat Jokowi langsung merespon masalah itu.

Pembangunan infrastruktur secara besar-besaran di dalam negeri diyakini banyak pihak untuk membuka jaringan perdagangan dan eksploitasi yang lebih luas.

Tujuannya yakni untuk meraih keuntungan koalisi Jokowi yang banyak berasal dari konglomerat dan China sebagai sekutu geopolitiknya.

Ini semakin menjelaskan sikap politik Jokowi yang cenderung membela sekutu geopolitiknya ketimbang membela umat Islam yang mengalami genosida oleh pemerintah Myanmar.[pojoksatu]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: