PKB Sudah Punya Nama Calon Pendamping Gus Ipul Yang Akan Diumumkan Setelah Lebaran

KOKOPNEWS.ID, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah resmi mencalonkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk menjadi calon gubernur dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang.

PKB Sudah Punya Nama Calon Pendamping Gus Ipul Yang Akan Diumumkan Setelah Lebaran
Kompas
Namun terkait dengan siapa calon wakil gubernur yang akan disandingkan dengan pria yang menjabat wakil gubernur dua periode tersebut sampai saat ini PKB belum secara spesifik menunjuk nama.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB Marwan Jafar mengatakan pihaknya sudah mempunyai nama calon wakil gubernur yang rencananya akan diumumkan secara resmi setelah hari raya Idul Fitri.

Marwan menjelaskan, pasangan ideal Gus Ipul adalah dari kalangan non NU. "Idealnya NU dengan non NU, tapi saya tidak ingin mendahului, yang pasti nama sudah ada, tinggal deklarasi, insyaallah habis lebaran," kata Marwan.

Terkait dengan komentar politikus PDIP yang mengaku nyaman bersama PKB, Marwan mengatakan akan melakukan komunikasi politik dengan semua parpol, tidak hanya dengan PDIP. Disamping itu, ia juga masih menunggu keinginan dari Gus Ipul.

"Di Jatim sudah dijalin komunikasi dengan semua parpol tapi kan kita kembalikan juga dan ketentuan Saifullah Yusuf pengennya juga bagaimana. Gus Ipul ini lebih sreg yang mana, partainya apa, pasti kami punya perhitungan," Jelas Marwan

Seperti diketahui nama Gus Ipul muncul sebagai kandidat terkuat dalak pilkada Jawa Timur. Nama-nama seperti Khofifah Indarparawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismamaharini masih belum bisa menandingi elektabilitas Gus Ipul. Apalagi sudah ada penegasan dari internal PDIP bahwa Risma tidak akan dicalonkan menjadi gubernur.

Dengan demikian, Gus Ipul berada diatas angin karena belum ada tokoh yang bisa menandingi.

Berdasarkan hasil survei yang dilalukan pada 19-25 Mei 2017 lalu, elektabilitas Gus Ipul berada di angka 32,29 persen. Sesangkan tiga kandidat lainnya yaitu Tri Rismamaharini berada diurutan kedua dengan 27,08 persen, Khofifah Indar Paeawansa 19,11 peesen dan Abdullah Azwar Anas 8,47 persen. (ROL/Kompas)

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: