Viral ! Beredar Soal USBN Mata Pelajaran PKn Sudutkan Umat Islam

KokopNews, Belakangan ini Umat Islam selalu disudutkan dengan berbagai isu yang seolah-olah umat Islam anti NKRI dan Pancasila. Saat ini menjadi viral di media sosial ada soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang mengandung sentimen SARA.

Viral ! Beredar Soal USBN Mata Pelajaran PKn Sudutkan Umat Islam
Republika.co.id

Soal tersebut adalah termuat dalam soal pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang diujikan pada Selasa, 21 Maret 2017 yang berbunyi:

Sekelompok Islam garis keras melakukan sweeping ke aula gereja di kota Bogor, didapati sekelompok umat Nasrani sedang melakukan kegiatan Natal. Hal yang dilakukan sekelompok Islam garis keras itu termasuk pelanggaran pada UUD 1945 pasal..

A. 28 E ayat 1
B. 30 ayat 1
C. 29 B
D. 31 A

Ketika dikonfirmasi, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud, Nizam mengatakan dirinya belum mengetahui perihal soal tersebut. Pasalnya pembuatan soal ujian dilakukan oleh Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di tiap kabupaten/kota. 

Pihaknya masih akan menyelidiki peredaran soal yang menuai banyak protes itu. Ia juga belum mendapatkan informasi di Kabupaten/kota mana soal itu tersebar. Yang ia ketahui informasi awalnya datang dari Jawa Timur.

"Saya belum lihat sendiri. Untuk ujian sekolah Kemendikbud pusat nggak cawe-cawe dalam soalnya, pusat hanya memberikan kisi-kisi dan contoh soal,' Kata Mizam.

Di tempat terpisah, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) M Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa dirinya sudah meminta pihak Kanwil Kemenag Jatim untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Setempat.

Hal itu perlu dilakukan untuk memperjelas keberadaan soal tersebut, dibuat oleh siapa dan seperti apa penjelasannya.

Dia pun masih belum bisa memberikan klarifikasi lebih lanjut karena masih menunggu hasil koordinasi yang dilakukan Kanwil Kemenag Jatim dengan Dinas Pendidikan setempat.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, soal PKn USBN itu terkonfirmasi salah satu pengajar di Lamongan, Jawa Timur . Potongan soal tersebut difoto kemudian di unggah ke media sosial yang kemudian menjadi viral.

Sumber : republika.co.id/gematakyat.id

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: