Inna Lillahi Wainna Ilaihi Roji'un ! Mantan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

KokopNews, Inna Lillahi Wainna Ilaihi Roji'un ! Mantan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia -  Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi mengembuskan nafas terakhir pagi ini. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu wafat di usia 72 tahun. 

Inna Lillahi Wainna Ilaihi Roji'un ! Mantan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia
Detik.com

Kabar duka itu disampaikan Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin.  'Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal baiknya dan berada di sisiNya. Al Fatihah...,' Tulis Lukman melalui akun twitternya pada Kamis 16/3/2017.

Hal senada juga disampaikan oleh Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Pria asal Madura tersebut membenarkan kabar meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Mahfud mengatakan, Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam itu meninggal sekitar pukul 06.00 WIB. 'Pukul 06.00 WIB tadi wafat dan akan diterbangkan ke Al Hikam Depok. Dikebumikan disana,' Kata Mahfud.

Sebelumnya, KH Hasyim Muzadi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Lavalette Malang Jawa Timur.

Sehari sebelum wafat, Presiden Jokowi dengan ditemani Ibu Negara Iriana sempat menjenguk KH Hasyim di Pondok Pesantren Al Hikam Malang. Bahkan Presiden memerintahkan tim dokter kepresidenan ikut membantu menangani perawatan Ketum PBNU periode 1999-2009 itu. 

Selain Ibu Negara, Jokowi juga ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep, Mentri Sekretaris Negara Pratikno dan juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Mangkatnya Kiai asal Jember tersebut tentu membuat bangsa ini merasa kehilangan sosok kiai yang telah berbuat banyak hal terhadap bangsa dan negara. Dan yang paling merasa kehilangan adalah masyarakat Nahdliyyin. 

Untuk itu, sebagaimana dilansir NU Online, PBNU menginstruksikan kepada seluruh Nahdliyyin, Pengurus NU, Lembaga, dan seluruh Badan Otonom untuk melaksanakan shalat ghoib dan tahlil bagi Kiai Hasyim.

Instruksi itu tertuang dalam Surat Keterangan Nomor 125/B.IV.07/03/2017 yang dikeluarkan pada Kamis (16/03/2017) yang ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Ma'ruf Amin, KAtib Aam KH Yahya Cholil Tsaquf, Ketua Umum KH Said Aqil Siradj dan Sekretaris Jendral H. A. Faisal Zaini.

'Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Berkaitan dengan wafatnya KH Hasyim Muzadi tersebut PBNU menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama serta seluruh warga NU se-Indonesia agar menyelenggarakan Shalat ghoib dan Tahlil ditujukan untuk almarhum,' Demikian isi Surat Instruksi itu.

Kiai sepuh kelahiran Bangilan Tuban 8 Agustus 1944 itu wafat meninggalkan seorang istri yaitu Nyai Hj Mutammimah dan enam orang anak. 

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: