Selama Pimpin TNI, Jenderal Gatot Membanggakan



Selama Pimpin TNI, Jenderal Gatot Membanggakan

KOKOPNEWS.ID - Panglima TNI Jendral Gatot Normantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah mangajukan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai penggantinya.

Terkait dengan itu, Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini menilai bahwa proses pergantian tersebut adalah sesuatu yang wajar.

Sebagai anggota DPR, pihaknya akan melakukan uji pemahaman dan komitmen terhadap calon Panglima TNI dalam menjaga NKRI dari berbagai ancaman.

"Pengajuan pergantian Panglima sesuai konstitusi dan undang-undang adalah hak prerogatif Presiden. Presiden mengajukan nama kepada DPR. Kita akan uji (fit and proper test) di Komisi I, mudah-mudahan lancar," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/12/2017).

Disisi lain, Ketua Fraksi PKS itu mengapresiasi kepemimpinan Gatot yang telah mampu membawa TNI pada posisi yang dekat dengan rakyat dan menjadikan TNI sebagai benteng pertahan negara.

"Jenderal Gatot membanggakan selama memimpin TNI, paham betul dimensi ancaman aktual terhadap negara dan mampu membangun kedekatan TNI dengan rakyat secara baik. Terpenting, beliau mampu menggabungkan komponen nasionalisme dan relegius sebagai mata rantai perjuangan bangsa," kesan Jazuli. 

Juwaini berharap Gatot terus berkarya dan berkontribusi untuk negara.

Selain itu, Juwaini juga menaruh harapan kepada Marsekal Hadi untuk melanjutkan warisan baik yang telah dilakukan Gatot yaitu menjadikan TNI sebagai institusi yang profesional dan dekat dengan rakyat.

"Tentu kita semua mengharapkan penggantinya nanti mampu melanjutkan warisan yang baik, mampu membaca dan mengantisipasi potensi ancaman terhadap pertahanan negara dengan baik, dan terus mengembangkan profesionalisme TNI sehingga makin disegani musuh dan dicintai rakyat," pungkas Jazuli.(Teropongsenayan)

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: