RR: Cita-Cita Saya Dari Kecil Ingin Membuat Indonesia Hebat


RR: Cita-Cita Saya Dari Kecil Ingin Membuat Indonesia Hebat

KOKOPNEWS.ID - Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli membuka rahasia untuk tetap awet muda. Pria yang baru berulang tahun pada 10 Desember itu menjelaskan resep tetap awet muda adalah selalu memiliki jiwa muda, semangat muda dan bergaul dengan anak muda.

"Jadi saya tidak merasa tua," ujarnya dalam acara "Tokoh Kita" di JackTV, Selasa (12/12).

Meski sudah tidak duduk di kabinet, aktifitas keseharian Rizal Ramli masih tetap padat. RR, demikian Rizal Ramli disapa, sering diundang sebagai pembicara dan dosen tamu di kampus dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, dari sisi kesibukan tidak ada perbedaan yang signifikan saat menjadi menteri dan tidak lagi menjabat menteri. Bahkan tamu yang datang ke rumahnya lebih banyak dibanding sebelumnya.

Baca Juga : Rizal Ramli: Jokowi Digerogoti Sri Mulyani

Dalam pengamatannya ada saja pejabat negara yang tidak lagi dikunjungi, bahkan oleh anak buah, setelah pensiun.

"Kalau kita nggak abis-abis, diundang ke seluruh Indonesia, di undang ke luar negeri. Jadi asik-asik saja tuh," ungkapnya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, dalam hal upaya mengubah Indonesia jadi lebih baik, memang ada perbedaan antara jadi pejabat dan tidak. Saat duduk di eksekutif, perubahan lebih cepat karena masuk dalam sistem. Sementara apabila berada di luar di luar dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca Juga : Rizal Ramli Ungkapkan Pemikiran Paling Gila Sri Mulyani

Rizal mencontohkan saat memperjuangkan undang-undang BPJS bersama buruh dimana butuh waktu hampir satu tahun lamanya.

Namun saat menjadi Menko Kemaritiman ada 21 inisiatif yang langsung dilakukannya. Sayangnya, substansi dari gebrakan itu tidak menjadi sorotan. Publik lebih terkesima dengan jurus rajawali kepret. Padahal di saat yang sama dirinya juga mengeluarkan jurus rajawali bangkit.

Misalnya revaluasi aset BUMN, 10 destinasi wisata baru, dan bebas visa bagi 160 negara untuk menongkrak target kunjungan wisatawan.

"Cita-Cita saya dari kecil ingin membuat Indonesia hebat, Indonesia makmur. Jadi di luar di dalem enggak penting. Cuma masalah efisiensinya saja," ujar Rizal.[rmol]

Baca Juga : Rizal Ramli Sempat Dibully Soal PLN, Tapi Kini Kritiknya Terbukti

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: