Kritik Pemerintah, Jenderal Moeldoko: Indonesia Kini Layaknya Pesakitan


Kritik Pemerintah, Jenderal Moeldoko: Indonesia Kini Layaknya Pesakitan

KOKOPNEWS.ID - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Moeldoko mengaku prihatin dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Ia pun menyebut kondisi ekonomi Indonesia selayaknya pesakitan.

Dengan maraknya berbagai impor di tanah air, ia pun menyebut Indonesia tak ubahnya seperti orang sakit yang sangat bergantung pada infus.

“Kalau misalnya impor ini dicopot, maka akan terjadi sesuatu di negara ini. Sama seperti infus yang dipasangkan pada orang sakit, kalau dicopot ya bisa mati,” kata Moeldoko di kantor PARA Syndicate, Jakarta Selatan, Rabu (4/10).

Menurutnya, kondisi tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat kalangan menengah atas saja, melainkan juga melanda masyarakat kelas bawah. Dalam masalah pangan misalnya, kualitas bahan pangan yang kurang baik disebut Moeldoko bermuara pada minimnya pupuk berkualitas yang diperoleh petani.

Akibatnya, banyak bahan kebutuhan pokok yang tak kualitasnya kurang maksimal.

“Pemerintah pun melakukan import sehingga masyarakat terutama di kawasan pedesaan tak mendapatkan makanan yang baik,” ucapnya.

Menurut Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini, ketahanan pangan merupakan salah satu indikator yang jadi tolok ukur ketahanan suatu negara. Ia meyakini, pertahanan negara yang baik harus diperkuat dari segi pangan yang kuat.

Oleh karenanya, ia pun memaklumi jika banyak anggota TNI yang mulai melakukan program pertanian di masyarakat.

“Tentara memahami ini. Ketahanan wilayah diperhatikan agar bangsa bisa kuat dalam menjaga kedaulatan logistik pangan yang baik,” tutupnya. [Aktual]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: