Ketidakhadiran Mendagri Dalam Pembahasan Perppu Ormas Dipertanyakan


Ketidakhadiran Mendagri Dalam Pembahasan Perppu Ormas Dipertanyakan

KOKOPNEWS.ID - Pembahasan Perppu 2/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang baru saja dimulai di Komisi II DPR langsung dihiasi silang pendapat.

Silang pendapat ini terjadi lantaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak hadir dalam rapat. Pemerintah hanya diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara.

"RDP (rapat dengar pendapat) ini kan untuk mendengarkan pandangan dari pemerintah juga, jadi ya saya ingin pemerintah hadir di sini sesuai dengan undangan saja Mendagri, Menkominfo dan Panglima," ujar anggota Komisi II F-PAN, Yandri Susanto di Ruang Rapat Komisi II, DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/10).

Pernyataan serupa juga disuarakan Fraksi PDIP. Dwi Ria Latifa meminta penjelasan mengenai alasan menteri yang diundang tidak hadir.

"Perppu ini kan penting, harusnya dijelaskan kenapa atau ada agenda mendesak apa kok sampai tidak hadir di sini," ujarnya. 

Sementara suara berbeda disampaikan oleh Fraksi PPP yang meminta rapat dengar pendapat dilanjutkan dengan alasan Menkominfo sudah mewakili pemerintah.

"(RDP) ini sah, karena ini kan Menkominfo juga bagian pemerintah," kata Ahmad Baidlowi. [rmol]

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: