Soal Pilgub Jatim, PDIP : Di Jawa Timur Kita Lebih Nyaman Dengan PKB

KOKOPNEWS.id, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum menentukan calon dalam pemilihan gubernur di Jawa Timur (Jatim) 2018. Namun, PDIP memberi sinyal berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Soal Pilgub Jatim, PDIP : Di Jawa Timur Kita Lebih Nyaman Dengan PKB
Detik
"Lebih-lebih PKB juga didirikan dengan momentum politik tidak jauh berbeda dengan PDI. Ketika PKB dibentuk, Gus Dur berkoordinasi dengan Ibu Mega," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara rilis survei Pilgub Jatim oleh Poltracking Indonesia di Hotel Morrissey, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (11/6/2017).

PKB sendiri sudah mencalonkan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Bakal Calon Gubernur Jatim. PDIP menyebut sudah ada kenyamanan dengan PKB. 

"Maka di Jawa Timur ini, kami merasa lebih nyaman bersama PKB. Dan ini adalah sinyal baik," ujar Hasto. 

Selain itu, Hasto mengatakan Gus Ipul punya peluang dengan elektabilitas tinggi. Hal ini merupakan salah satu efek dari Gus Ipul sebagai pertahana.

"Gus Ipul sebagai wakil ingin menjadi gubernur. Itu hal wajar. Dan Pak Karwo (Gubernur Jatim Soekarwo) mulai mendukung Gus Ipul," ucap Hasto.

Selain itu, mengusung Gus Ipul merupakan opsi pertama diantara tiga opsi. Maka, PDIP akan mencari kan pendamping dari Gus Ipul dari Kader PDIP.

"Opsi pertama Gus Ipul dikondisikan dipasangkan dengan kader PDI Perjuangan. Opsi kedua, kepala daerah yang berprestasi, atas kehendak rakyat akan dipromosikan ke atas. Kemudian, ketiga adalah mendorong kader internal untuk maju," ujar Hasto (detik)

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: