Kompak, Gus Halim Antar Gus Ipul Temui Ketua Demokrat Jatim Untuk Minta Restu

KokopNews.id, Saifullah Yusuf diantar Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar menemui Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo. 

Kompak, Gus Halim Antar Gus Ipul Temui Ketua Demokrat Jatim Untuk Minta Restu
Detik.com
Maksud kedatangan pria yang akrab disapa Gus Ipul itu dan Halim, salah satunya adalah membahas Pemilihan Gubernur Jatim 2018 mendatang.

"Kami datang ke sini ingin bersilaturahmi partai-partai lain dan berkomunikasi membahas pilgub," kata Ketua DPW PKB Abdul Halim Iskandar di sela acara silaturahmi di kantor DPD Demokrat Jatim, Jalan Kertajaya, Surabaya, Kamis (1/6/2017).

Dalam pertemuan itu, hadir juga Sekretaris DPD PD Jatim Renvile Antonio serta pengurus harian PD. Sedangkan dari PKB, nampak hadir Sekretaris DPW PKB Jatim, Badrut Tamam dan Thoriqul Haq (Bapilu PKB Jatim).

Halim menerangkan, pihaknya memilih Partai Demokrat yang pertama kali dikunjungi bersama cagub yang diusung PKB itu, karena status Soekarwo yang juga Gubernur Jatim. Halim sendiri menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim. Sedangkan Gus Ipul merupakan Wakil Gubernur Jatim.

"Kita sengaja mengawali silaturrahim ini ke Demokrat, karena memang kita sudah berkomunikasi baik dengan Pakde Karwo," ucap Halim.

Sementara itu, Gus Ipul mengatakan, maksud kedatangannya menemui Pakde Karwo untuk pamit sekaligus minta restu dukungan.

"Restu dari Pakde Karwo diperlukan, karena saya dua periode mendampingi beliau," tutur Gus Ipul di lokasi yang sama.

Bakal cagub yang akan diusung PKB tersebut menambahkan, Demokrat dipilih sebagai partai yang pertama disowani karena dianggap sebagai 'partai penguasa' di Jawa Timur. Ini melihat Soekarwo sebagai kader Demokrat, bisa menjadi gubernur selama dua periode.

"Sehingga wajar kami datang dulu ke sini," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Soekarwo menyatakan dirinya sepakat dengan PKB yang berniat mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018. Sebab Demokrat sendiri belum menentukan calonnya.

"Kenapa, karena Demokrat sampai sekarang ini belum punya calon dari internal (kader demokrat)," aku Soekarwo.

Soekarwo menyebut, proses politik yang berjalan hingga hari ini ibaratnya sudah memasuki setengah perjalanan. Dia juga memuji langkah PKB yang melakukan safari politik bersama Gus Ipul.

"Ini proses tapi sudah setengah matang. Ada dua suasana politik di era demokrasi. Banyak calon itu nyaman. Tapi musyawarah mufakat dengan calon tunggal itu juga bagus," terang dia.

Ditanya soal kemungkinan Pilgub Jatim 2018 mendatang berpotensi mengarah ke calon tunggal, dia hanya menjawab singkat. "Karena inti dari demokrasi adalah musyawarah mufakat. Dengan calon tunggal itu, juga bagus," tutup Soekarwo. (Detik)

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: