Amien Rais : KPK Semakin Hebat Tapi Makin Busuk

KOKOKOPNEWS.IDKetua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mendatangi gedung DPR MPRJakarta. Kedatangan Amien diketahui dalam rangka memberikan penguatan terhadap panitia khusus (Pansus) hak angket KPK.

Amien Rais : KPK Semakin Hebat Tapi Makin Busuk

"Ini bulan Ramadan, jadi saya ke sini untuk memberikan penguatan kepada Pansus Hak Angket KPK," kata Amien Rais di Gedung Nusantara III Gedung DPR MPR, Jakarta, Rabu (7/6).

Amien menyatakan KPK harus dipertahankan. Namun mantan ketua MPR itu memberikan sejumlah catatan kepada lembaga antirasuah tersebut.

"Pesan saya pertama kalau bisa KPK ini lembaganya dipertahankan kalau ternyata isi KPK enggak sewangi citranya tapi ada pembusukan nanti kita kaji ulang," kata Amien.

Amien merasa dari tahun ke tahun kinerja KPK tampak semakin hebat. Namun dia menilai KPK juga semakin busuk lantaran hanya bisa melakukan OTT dengan kasus korupsi di angka ratusan juta rupiah.

Sementara kasus-kasus besar seperti Bank Century, BLBI, Reklamasi dan Sumber Waras tak kunjung diproses.

"Saya merasa dari masa ke masa itu hebat tapi semakin busuk mengenai Century dia enggak berani, Sumber Waras enggak berani, BLBI enggak berani, reklamasi enggak berani," papar Amien.

"Kita tidak boleh hidup dalam kepalsuan. Saya melihat ada kepalsuan dan kebusukan ini tesis saya kita buktikan lewat hak angket," kata Amien menggebu-gebu.

Amien pun menilai hingga kini hampir semua fraksi di DPR ikut rapat Pansus hak angket KPK. Pengalamannya sebagai Ketua MPR tahun 1999-2004 membuatnya memahami alur permainan di DPR.

"Awas jangan sampai melempem nanti rakyat kecewa. Jadi jelas nanti kita tahu siapa yang palsu DPR atau KPK. Kalau KPK palsu nanti diambil langkah-langkah konstitusional demokratis. Tapi kalau DPR yang palsu biar rakyat yang tidak akan beri dukungan," tegasnya. (Merdeka)


Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: