Anies Baswedan Ungkap Kecurangan Kompas TV Yang Membuat Dirinya Tidak Menghadiri Acara Debat

KokopNews, Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjelaskan sebab dirinya tidak hadir pada debat yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi swasta. Anies menyebut format awal debat adalah debat antar calon wakil gubernur.

Anies Baswedan Ungkap Kecurangan Kompas TV Yang Membuat Dirinya Tidak Menghadiri Acara Debat
"Memang sebenarnya sudah diatur bahwa debat Cagub yang minggu kemarin Cagub, dan minggu ini Cawagub. Memang dari awal rencananya adalah calon wakil jadi debatnya antara wagub bukan antar pasangan," ujar Anies di Aula Buya Hamka, Kompleks Masjid Agung Al-Azhar, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2017).

Pihak Anies-Sandi kemudian heran dengan promosi yang dilakukan bahwa debat dilaksanakan dengan pasangan Cagub-Cawagub. "Dan kita juga heran kenapa promonya tetap pasangan, padahal sudah tahu itu debatnya antar Wagub," jelas Anies.

"Itu yang sebenarnya terjadi jadi memang tidak ada rencana debat antar calon gubernur. Yang ada adalah debat calon wakil gubernur," sambung Anies.

Selain karena kesepakatan awal debat dilaksanakan antar Cawagub, pihak Anies-Sandi juga menginginkan debat yang dilaksanakan dengan dialog dan adu gagasan. Namun hingga menjelang debat kesepakatan tersebut tidak tercapai.

"Kita ingin diskusinya dialognya tentang program tentang gagasan bukan adu suara antar pendukung. Jadi kita tidak ada masalah dengan debatnya tapi kita minta yang hadir dalam debat itu jumlahnya berapapun tapi non pendukung," kata Anies.

Hadirnya penonton debat yang bukan dari pendukung pasangan calon akan membuat diskusi fokus pada program. Anies mengatakan pihaknya ingin lebih menenangkan suasana Pilkada DKI.

"Jangan sampai debat itu justru memperuncing. Kenapa? Ruangannya ada lomba sorak sorai antar pendukung. Kita ingin justru suasana di pilkada menjadi lebih sejuk kita ingin persatuan terjaga dan salah satu caranya dengan membuat diskusi-diskusi dialog lebih tenang," pungkas Anies. 


Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: