PP Al Irsyad Al Islamiyah Prediksi Awal Ramadhan 2017-2021 Akan Sama Di Semua Ormas

KokopNews, PP Al Irsyad Al Islamiyah Prediksi Awal Ramadhan 2017-2021 Akan Sama Di Semua Ormas - Pengurus Pusat Al Irsyad Al Islamiyah tetapkan awal Ramadhan tahun ini (1438/2017) akan jatuh pada tanggal 27 Mei . PP Al Irsyad Al islamiyah juga memprediksi awal Ramadhan dari tahun ini sampai 2021 akan sama di semua ormas.  

PP Al Irsyad Al Islamiyah Prediksi Awal Ramadhan 2017-2021 Akan Sama Di Semua Ormas
Republika.co.id
Khusus untuk tahun ini, menurut Abdullah, saat dilakukan rukyatul hilal pada akhir sya'ban posisi hilal sudah enam sampai tujuh derajat.

Hal itu disampaikan oleh ketua PP Al Irsyad Al Islamyah, Abdullah Djaidi. Ia menjelaskan, dari kajian PP Al Irsyad Al Islamiyah awal Ramadhan akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 dan untuk tahun ini tidak akan ada perbedaan di semua ormas. Namun jika ada ormas tertentu yang awal Ramdahannya tidak sama, ia berharap umat Islam untuk menerima perbedaan itu.

Sebab setiap ormas mempunyai metode yang tidak seragam dalam menentukan awal Ramadhan . Ada yang menggunakan metode wujudul hilal dan ada yang menggunakan rukyatul hilal. Sehingga perbedaan metode tersebut melahirkan hasil yang juga berbeda, walaupun secara kebetulan kadang sama. 'Kalau sama, awal Ramadhan bersama. Kalau beda itu karena pedomannya beda. Legawa saja,' Kata Abdullah.

Dua metode itulah yang digunakan Badan Hisab Rukyat Kementrian Agama dalam menentukan kapan Ramadhan dimulai. Parameter yang digunakan oleh Kementrian Agama salah satunya adalah jika hilal sudah enam derajat di atas ufuk maka bisa dipastikan masuk hariu baru. 

Parameter enam derajat tersebut sebenarnya bukan patokan pasti yang tidak bisa diubah. Dengan semakin berkembangnya ilmu astronomi, hilal dua derajat di atas ufuk pun sudah bisa dilakukan rukyat. Dan inilah yang masih menjadi perdebatan dikalangan ormas Islam di Indonesia.

Sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa Ramadhan 1438 (2017) jatuh pada 27 Mei. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Dia mengatakan bahwa pada saat akhir Sya'ban tahun ini hilal sudah sangat tinggi yaitu enam derajat di atas ufuk.  Mu'ti juga memprediksi awal puasa tahun ini tidak akan ada perbedaan di semua ormas. 

Sumber: Republika.co.id

Tulis email anda untuk berlangganan update berita gratis: